TITLE

DESCRIPTION

Menjaga Tubuh dari Sentuhan orang Asing

Beberapa pekan lalu, kami membuat program dimana kegiatan khusus di sekolah dengan tema Tubuhku, harus membahas tentang bagaimana anak-anak mulai menyadari cara menjaga dirinya dengan aman, khususnya dari perundungan orang asing.

Kami melibatkan beberapa rekan guru untuk beraksi drama bagaimana seorang asing dapat berwujud rupawan pun bisa saja memiliki niat jahat. Kami juga menyanyikan beberapa lagu seperti di bawah ini :

Sentuhan boleh …2x
kepala, tangan, kaki…
karena sayang…… 3x.
Sentuhan tidak boleh….2x
Yang tertutup baju dalam…
Hanya diriku…2x
Yang boleh menyentuh..
Sentuhan boleh…2x
Kepala, tangan, kaki..
karena sayang….3x
Sentuhan tidak boleh…2x
Yang tertutup baju dalam…
Katakan tidak boleh lebih baik menghindar,, bilang ayah ibu….
Melalui kegiatan ini anak-anak mulai diperkenalkan seks edukasi dengan cara yang dasar. Kami juga memastikan anak memahami dengan cara mengulang pertanyaan seputar kegiatan di sekolah bersama orang tua di rumah. Anak perlu tahu bagian tubuhnya yang diperbolehkan disentuh oleh orang lain, dan yang boleh ia sentuh sendiri saja. Ini bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan. Lebih baik anak mengenal istilah-istilah yang tepat sejak usia dini, dan itu pun berasal dari orang tuanya sendiri.
Orang tua dan guru akan menjadi cermin hidup anak di masa usia emas mereka. Siapkan pupuk terbaik agar pohon yang bertumbuh dapat berbuah manis. Salam Hebat, Heboh, Keren !Image (14) Image (15)