TITLE

DESCRIPTION

First Day School in 2018

Let's Play on stepping board

Hari pertama KB/TK Happy Holy Kids Balikpapan diwarnai dengan label “Aku Anak Yang Berani”. Hari pertama sekolah, yang jatuh pada Senin, 9 Juli 2018 lalu menjadi kenangan tersendiri bagi kami para pendidik juga orang tua siswa.

Beberapa tahun ajaran yang sudah berlalu, hari pertama lima puluh persen diisi dengan suara tangisan anak-anak dan juga banyaknya orang tua yang menunggui anaknya masuk sekolah hingga pulang sekolah.

Namun kali ini berbeda. Sungguh berbeda, di hari pertama kami menyambut anak-anak, tidak seperti yang kami bayangkan dari beberapa tahun belakangan ini. Kali ini anak-anak lebih mandiri, nyaris dari jumlah seluruh siswa KB dan TK hanya sekitar sepuluh persen yang menangis dan perlu pendampingan orang tua di hari pertama memasuki dunia sekolah.

Pemandangan yang cukup langka.

“Seperti sudah masuk di Semester kedua saja, ms…”, celetuk seorang guru disini.

“Miss, kok playground sepi ya, tahun lalu saya tunggui ponakan saya pertama kali sekolah masih banyak orang tua yang menunggu sambil mengintip di jendela kelas.”, begitu juga tanggapan dari salah satu orang tua siswa.

Senang melihat dan mendengar hal itu. Banyak faktor yang membuat hari pertama bersekolah menyenangkan. Semua juga didukung oleh para orang tua yang mempersiapkan anak lepas dari orang tua. Ya, tujuan awal anak -anak memasuki dunia sekolah, yaitu dunia lingkungan di luar dari zona nyaman mereka adalah mereka siap untuk mandiri, berjuang, dan tidak bergantung pada orang tua. Kepercayaan orang tua terhadap tenaga pendidik juga menjadi faktor yang besar, sehingga orang tua juga lega untuk mempercayakan putra-putrinya kepada guru di sekolah. Juga, faktor yang tidak kalah penting adalah, usia anak yang matang sesuai tingkat tumbuh kembangnya, dengan perbandingan usia biologis dan jenjang kelas yang tepat.

Semangatlah para orang tua, yang mempersiapkan anak-anak lepas secara mandiri di dunia yang sebenarnya. Setiap anak berbeda dari saudara kandungnya sekalipun. Temukan pribadi mereka secara unik, persiapkan sesuai kapasitas mereka. Salam Hebat, Heboh, Keren !